SELAMAT DATANG DI AWIMEEPA-SULUT
AWIMEEPA-SULUT

Pentingnya Pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Wilayah Meepago

 

Foto dok// Penulis.Ist

Oleh : Pace Enatome

Secara  umumnya Pendidikan dasar akan memberikan pengetahuan dan keterampilan, menumbuhkan sikap dasar yang diperlukan dalam masyarakat, serta mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan menengah.

Dalam UUD No.20 Tahun 2003 dijelaskan bahwa pendidikan dasar adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana pembelajaran dan proses belajar agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan.

Melalui pendidikan dasar  peserta didik akan dibekali kemampuan dasar yang terkait dengan kemampuan berpikir secara kritis, membaca, menulis, berhitung dan penguasaan – penguasaan dasar untuk mempelajari sainstek serta kemampuan dalam berkomunikasi dalam kehidupan.

Melihat realita fundamental yang sudah di idealiasasi oleh Negara berdasarkan tujuan Utama pendidikan SD, di Indonesia bagian Timur sangat tertinggal jauh. Bukan berarti semua daerah sama,tetapi berbeda dengan Sekolah dasar yang ada dibagian daerah 3T ( terdepan,terbelakang dan terluar).

Bersadarkan BPS 2022 Anggka Buta Huruf Umur 9-15 tahun di Provinsi Papua mencapai 21,9 % angka ini sangat tinggi dan tentunya mayoritasnya dibagian daerah pengunungan. Hasil ini menunjukan bahwa banyak anak umur sekolah yang tidak mendapatkan Pendidikan dasar.

Mayoritas Daerah pengunungan di Provinsi Papua terbagi dua bagian berdasarkan peta wilayah adat ,yaitu Lapago kini (Prov.papua Pengunungan tengah) dan Meepago ( Prov.Papua Tengah). Wilayah Meepago sendiri terdiri dari beberapa daerah pegunungan,yakni Paniai,Deiyai,dogiyai,intan jaya,Puncak jaya dan Puncak Papua. Topografi wilayahnya berbeda  dan hal ini sangat mempengaruhi dalam perkembangan segala sektor termasuk Pendidikan.

Dalam sektor Pendidikan,sekolah dasar menjadi prioritas utama untuk diperhatikan. SD memberikan fondasi yang kuat bagi perkembangan pribadi untuk belajar, dan sebagai kekuatan/ alat untuk meraih impian.

Jika hal ini dibiarkan siapakah yang menggantikan untuk memimpin dimasa depan. Disekolah dasar inilah siswa dituntut untuk menguasai kesemua bidang studi. Dengan tujuan untuk meletakkan kecerdasan dasar, pengetahuan, dan keterampilan dalam mengikuti pendidikan tingkat lanjut

Pendidikan sekolah Dasar di wilayah Meepago dianggap sudah lapuk sehingga perlu dibenahi untuk mencerdaskan Generasi Muda sejak sekolah dasar. Dalam hal ini,utamanya perlu dilakukan pemenuhan SDM pendidik/pengajar ini jadi perhatian yang serius.

fokus utama yang perlu dilakukan yaitu Akomodir semua Guru Sarjana Pendidikan (S,Pd) untuk lakukan Kontrak dalam jangka waktu yang panjang untuk realisasikan pentingnya pendidikan sekolah dasar sambil mengajar. Ini menjadi tugas dan tanggungan Pemerintah daerah di Wilayah Meepago.

Karena pendidikan dasar sebagai acuan sebelum melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya, jika pada tingkat pendidikan dasarnya saja kurang memadai dalam hal SDM dan penunjang lainnya,tentu untuk ke tingkat selanjutnya  akan sulit dan kurang baik.

Pendidikan dasar dapat memberikan dasar – dasar untuk dapat mengikuti pendidikan pada tingkat selanjutnya. Karena pada hakikatnya keberhasilan mengikuti tingkat pendidikan dari  sekolah dasar, menengah,atas  serta perguruan tinggi.

Pendidikan dasar sangatlah penting dan sangat berpengaruh bagi perkembangan wilayah meepago kedepan. Oleh karena itu pemerintah perlu membangun fondasi yang kuat untuk pendidikan dasar dari segi sarana dan prasana yang memadai.

 

( sediakan payung sebelum hujan )

 

Mahasiswa Trinita

Jurusan PGDS

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
TERIMAH KASIH SUDAH MENGUNJUNGI DI AWIMEEPA-SULUT